Latest News :
Home » , » Tips Memilih Tumbuhan Yang Bisa Dimakan di Hutan

Tips Memilih Tumbuhan Yang Bisa Dimakan di Hutan

Senin, 08 Oktober 2012 | 0 komentar

www.belantaraindonesia.org


Tersesat di hutan tentu bukan hal yang kita inginkan, terutama bagi penjelajah pemula. Suasana tegang, kental terasa apalagi kalau kehabisan makanan. Ikuti tips memilih tumbuhan yang bisa Anda makan di hutan. Dan berikut ini ada 3 tips untuk memilih tumbuhan, apakah bisa dimakan atau tidak oleh manusia:

1. Jangan memilih tumbuhan berbulu

Banyak tumbuhan yang bisa Anda makan untuk bertahan hidup di hutan. Tapi ada yang perlu Anda perhatikan, hindari mengonsumsi tumbuhan yang berbulu di seluruh tubuhnya.

Tumbuhan berbulu, tidak bisa dicerna oleh organ pencernaan manusia. Kalau tetap nekat memakannya, Anda bisa mengalami iritasi organ pencernaan.

2. Kalau terasa gatal di tangan, hindarilah!

Coba saja gesekkan daun berbulu atau daun lain pilihan Anda di telapak tangan. Jika menimbulkan iritasi jangan dikonsumsi karena bisa berbahaya untuk pencernaan.

Rasa gatal itu akibat zat - zat yang terkandung di dalam daun itu. Artinya zat - zat tersebut tidak ramah untuk tubuh manusia.

3. Pilih tumbuhan yang dimakan monyet / kera

Selain dua tips di atas, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang dimakan monyet atau kera. Primata non manusia ini memiliki pencernaan yang mirip dengan manusia. Jadi tumbuhan pilihan mereka, pasti aman untuk Anda konsumsi.

Itulah 3 tips dasar untuk memilih tumbuhan liar hutan yang bisa dimakan manusia. Namun, lebih baik tetap waspada dan buatlah persiapan sebaik mungkin saat masuk ke hutan, agar Anda tidak tersasar sama sekali.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. forum komunikasi pecinta alam sman 17 surabaya - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger