Latest News :
Home » , » Mengenal Tabir Surya

Mengenal Tabir Surya

Senin, 08 Oktober 2012 | 0 komentar



www.belantaraindonesia.org


Bila kita berbicara tentang kegiatan di alam terbuka, seperti pendakian gunung, arung jeram, mengunjungi pantai, tentu kadang kita tidak melupakan yang namanya tabir surya. Sayangnya, masih banyak yang salah kaprah mengenai tabir surya — benda yang wajib bawa bagi kebanyakan orang ini.

Sunblock vs sunscreen

Umumnya orang berpikir sunblock dan sunscreen adalah produk yang sama saja. Hanya beda penyebutan. Padahal, sunblock berfungsi menghalau atau memantulkan sinar ultraviolet B ( UVB ), sementara sunscreen menyaring sinar ultraviolet. Artinya, sunscreen menyerap sebagian radiasi ultraviolet dan mengurangi radiasi yang berbahaya untuk kulit. Sunscreen bisa menyaring sinar UVA dan UVB, jadi sedikit lebih unggul dari sunblock dalam hal perlindungan.

UVA dan UVB

Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dikenal ada dua macam. UVA dengan panjang gelombang 320-400 nanometer dapat menembus kulit lebih dalam dibanding UVB, dan menyebabkan penuaan, kerut, dan kanker kulit.

Panjang gelombang sinar UVB 390 - 420 nanometer dan bisa merangsang sel melanosit pada jaringan kulit untuk memproduksi warna pada melanin sehingga  kulit menjadi mudah terbakar.

Radiasi kedua sinar UV tersebut tidak hanya membuat sel - sel kulit rusak, tapi juga mengganggu mekanisme regenerasi sel. Nah, sunblock dan sunscreen bekerja pada permukaan kulit untuk memantulkan ultraviolet atau menyaring cahaya berbahaya sebelum menembus kulit.

SPF dan PA

Bagaimana dengan SPF? SPF ( sun protection factor ) adalah angka yang menunjukkan besaran perlindungan terhadap radiasi UVB. Semakin besar angkanya, makin kuat perlindungannya. Sebagai contoh, SPF 50 memberi perlindungan 99 persen. Sementara SPF 30 97 persen dan SPF 15 93 persen.

Untuk perlindungan terhadap radiasi UVA, umumnya dinyatakan dalam istilah PA ( protection grade ). PA menggunakan tanda + seperti PA+, PA++, atau PA+++. Semakin banyak tanda plus berarti semakin kuat melindungi.

Aturan pakai

Sebagaimana pelembap, tabir surya membutuhkan waktu untuk diserap kulit dan akan larut di air. Oleh karena itu, tabir surya harus dipakai 15 sampai 30 menit sebelum Anda beraktivitas di air dan wajib diulang pemakaiannya setelah beberapa waktu ( biasanya setiap 2 jam ).

Namun bisa jadi Anda harus mengulangnya sebelum 2 jam jika kena air atau keringat. Sebaiknya Anda memakai tabir surya sesuai peruntukannya. Jangan menggunakan tabir surya untuk badan di wajah karena kulit wajah lebih lembut dan sensitif sehingga membutuhkan produk khusus wajah.

Perlu diketahui bahwa awan tidak menghalangi radiasi sinar UV, sehingga tabir surya tetap perlu digunakan di hari mendung sekalipun. Termasuk juga pada pagi hari walau intensitas sinar UV lebih rendah dibandingkan dengan tengah hari
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. forum komunikasi pecinta alam sman 17 surabaya - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger