Latest News :
Home » , » Tips Menyehatkan Ransel

Tips Menyehatkan Ransel

Minggu, 13 Oktober 2013 | 0 komentar

Sebuah tips untuk menjaga tas ransel tetap sehat terawat sehingga nyaman dan aman digunakan. Karena kita tahu, tas ransel adalah teman sejati dalam setiap perjalanan kita di alam bebas, sehingga apabila tetap ingin menjadikan ransel teman setia dalam perjalanan, buatlah dia sehat dan tetap kuat terawat.


Tentunya selain perawatan yang baik, menggunakan ransel dengan baik dan benar juga bisa mempertahankan kenyamanan ransel Anda. Baik dan benar dalam artian tidak membawa beban melebihi kapasitas maksimal ransel dan susunan penempatan barang yang benar di dalam ransel.

Ada beberapa teori tentang packing yang diyakini oleh para pengemar kegiatan outdoor. Bagi mereka yang kerap mendaki gunung, secara umum penempatan susunan barang di dalam ransel berurutan mulai dari yang teringan di posisi paling bawah dan yang terberat berada di posisi paling atas.

Dengan susunan seperti itu beban akan ditahan oleh kedua bahu secara merata. Titik berat beban itu jatuh di tulang yang kuat, yaitu tulang belakang. Berat beban di dalam ransel akan ditahan secara sempurna oleh kedua bahu.

Kemudian bagaimana kita merawat si teman terbaik ini ? Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan dan merawat ransel Anda :

1. Jika ada noda, tumpahan makanan, atau kena getah tanaman segera bersihkan dengan lap basah, atau bersihkan dengan sabun yang lembut jika ada. Ini akan mencegah penumpukan noda dan kotoran pada material ransel Anda.

2. Saat sebuah perjalanan usai, jangan biarkan ransel teronggok di sudut ruangan dalam waktu lama. Segera dibersihkan dengan sikat yang lembut, di vacuum bila perlu. Setelah semua kotoran dan debu dianggap bersih sapukan dengan lap basah dengan menggunakan detergent yang lembut, baik dibagian dalam maupun di bagian luar. Jangan gunakan sabun dengan bahan kimia dan pewarna yang kuat, karena dapat menyebabkan lapisan penahan air mengelupas dan merusakan bahan - bahan yang lain.

3. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian sudut dan tepi dari ransel. Cek juga tempat dudukan frame, bersihkan kotoran yang tersangkut di sana. Bersihkan resleting dengan sikat gigi setelah itu kasih sedikit silicon spray untuk pencegahan karat dan meminyaki bagian resleting.

Setelah bagian luar dan dalam dibersihkan, bilaslah untuk membersihkan sisa - sisa sabun dengan air dingin, bisa juga menyemprotnya dengan air, untuk memastikan semua sisa sabun dan kotoran terbilas habis. Setelah itu keringkan ransel dengan cara digantung terbalik pada tempat yang tidak terkena Matahari secara langsung, hingga benar - benar kering.

Perawatan yang teratur pastinya akan menyehatkan ransel Anda, membuatnya tetap nyaman dipakai dan tahan lama. 


sumber: belantaraindonesia.org
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. forum komunikasi pecinta alam sman 17 surabaya - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger