Latest News :
Home » , » Menuju Puncak Gunung Argopuro

Menuju Puncak Gunung Argopuro

Senin, 08 Oktober 2012 | 1komentar


Perjalanan menuju puncak Gunung Argopuro yang di awali menuju Pos Cisentor didominasi oleh tutupan hutan alam yang tumbuhannya memiliki tinggi sekitar lutut orang dewasa. Setelahnya akan melewati sabana kecil yang dimana bunga - bunga akan menyambut mata para pendaki. Sebuah pemandangan yang indah sebelum melalui jalur yang ekstrim.
www.belantaraindonesia.org


Perjalanan ini akan menuju sebuah pos yang bernama Cisentor. Di pos ini, para pendaki bisa mengambil air yang jernih sekaligus beristirahat di sebuah pondokan yang telah ada di sana. Cisentor sendiri juga merupakan sebuah tempat yang merupakan titik pertemuan antara jalur Desa Bremi dan jalur Baderan.

Selepas Cisentor, perjalanan akan dilanjutkan menuju kawasan Rawa Embik. Seperti perjalanan sebelumnya, perjalanan akan dihiasi dengan bunga - bunga di pinggir jalur pendakian sembari sesekali tanaman Edelweiss yang merupakan tanaman khas pegunungan akan muncul. Ada sebagian yang berbunga dan ada sebagian yang tidak berbunga. Di Rawa Embik sendiri, Edelweiss yang tumbuh cukup banyak mengingat kawasan ini memiliki ketinggian sekitar 2800 mdpl.

Menurut penduduk sekitar, yang ditemui ketika di jalur pendakian awal, kawasan ini merupakan tempat kambing - kambing dibawa oleh penduduk untuk dimandikan. Ada juga yang mengatakan bahwa di sini adalah tempat kambing gunung mencari minum.

Rawa Embik sendiri adalah sebuah kawasan yang mirip dengan Cikasur, yakni sebuah sabana dengan sebuah sungai kecil. Hanya saja sabana di sini tidak seluas di Cikasur. Pada malam hari, angin yang berhembus di kawasan ini sangat menusuk kulit.

Perjalanan dari Rawa Embik menuju kawasan tertinggi di kompleks pegunungan ini akan memberikan sebuah pandangan adanya dua buah puncak yang letaknya bersebelahan. Kedua puncak ini akan terlihat jelas di sebuah sabana yang bernama Sabana Lonceng. Kedua puncak ini berdiri dengan gagahnya.
www.belantaraindonesia.org

Sabana Lonceng Argopuro
Puncak pertama adalah Puncak Rengganis dan yang kedua memiliki nama Puncak Argopuro. Puncak Rengganis lebih dikenal dibandingkan dengan Puncak Argopuro. Hal ini disebabkan karena gunung Argopuro lebih dikenal oleh masyarakat dengan kaitannya dengan Dewi Rengganis.

www.belantaraindonesia.org

Puncak Rengganis

www.belantaraindonesia.org


Puncak Argopuro, yang tidak sepopuler Puncak Rengganis, akan menyajikan sebuah pemandangan yang lebih tertutup oleh vegetasi. Di sana juga terdapat tumpukan batu yang diperkirakan memiliki nilai sejarah tersendiri. Sayang, batu - batuan sisa sejarah itu lebih nampak tidak terawat.

Matahari terbit akan terlihat dengan jelas beserta dengan gagahnya Gunung Semeru yang bisa terlihat dari Puncak Rengganis maupun Argopuro.
Share this article :

1 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. forum komunikasi pecinta alam sman 17 surabaya - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger